Jumat, 24 Februari 2017

BIMBINGAN BAGI PENUNTUT ILMU [Part 3]

BIMBINGAN BAGI PENUNTUT ILMU [Part 3]
*****
Dikemukakan permohonan kepada Syaikh Muhammad ibnul Hasan(lihat foot note 1):"Mungkinkah Bapak mengarang kitab tentang zuhud? "
"Saya telah menyusun kitab tentang perdagangan, artinya seorang zahid ialah mereka yang menghindari syubhat dan makruh dalam aktifitas dagangnya".
Demikian pula dalam seluruh aktifitas muamalat dan berbagai jenis pekerjaan.
Setiap orang yang berkecimpung dalam berbagai aktifitas tersebut di atas adalah wajib mempelajari ilmunya, agar terhindar dari hal yang haram.
Demikian juga wajib mempelajari ilmu tingkah polah hati, semisal tawakal (2), inabah(3), khosyah(4), dan ridlo(5), karena semua itu terap aktual pada setiap kondisi.
-----------
Foot note :
1. Lahir di Damaskus, besar di Kuffah dan wafat tahun 189H / 805M; beliau nyantri kepada imam Abu Hanifah ra dan Syaikh Abu Yusuf (Santri Imam Abu Hanifah). Dikenal sebagai ulama besar ahli fiqih beraliran ahli hadits sekaligus ahlir ro'yi. Banyak kitab yang beliau karang, yang juga termasuk perawi kitab hadits Al Muwatho' karya Imam Malik, juga dikenal sebagai kodifikator fiqih imam Abu Hanifah).
2.Tawakal : sikap pasrah kepada Alloh secara total
3. Inabah : kembali kepada Alloh
4. Khosyah : sikap takut kepada Alloh karena adzhabnya
5. Ridlo : sikap rela dalam menerima qadla dan qadar Alloh swt

[Disadur dari Kitab Ta'limul Muta'allim Thoriqot Ta'allum karya Syaikh Az Zarnuji]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIDIN DAN AINI PIMPIN RANTING IPNU IPPNU JRAGAN

PROSESI PEMILIHAN KETUA Temanggung (25/12) bertempat di TPQ Kiai Juragan Desa Jragan Kecamatan Tembarak tak kurang dari 50 kader m...